persewaan truk crane 16

Mengenal 3 Jenis Crane yang Populer dan Sering Digunakan di Berbagai Proyek Konstruksi

Apakah dalam waktu dekat Anda berencana mengerjakan proyek konstruksi dan perlu sewa crane Surabaya yang dapat dipercaya dan andal? Perlu Anda ketahui bahwa crane tersedia dalam beberapa jenis berdasarkan fungsinya masing-masing. Namun, ada beberapa jenis crane yang cukup populer dan umum digunakan untuk konstruksi gedung-gedung bertingkat atau dalam skala kecil dan menengah. Dan berikut adalah tiga jenis crane yang populer dan penggunaannya.

 

  1. Tower Crane

Tower crane adalah alat berat yang memiliki fungsi untuk memudahkan pekerjaan proyek konstruksi, terutama untuk konstruksi gedung-gedung tinggi agar dapat diselesaikan dengan efisien. Tower care memiliki jangkauan relatif luas dan tinggi sehingga dapat digunakan sesuai dengan konstruksi proyek bangunan yang sedang dikerjakan.

Bahkan, ada tower crane yang dapat menyesuaikan jangkauan pekerjaan konstruksi hingga mencapai 75 meter. Jangkauan yang relatif tinggi ini membuatnya sangat efektif digunakan untuk proyek pembangunan gedung-gedung bertingkat tinggi. Dengan menggunakan tower crane, Anda dapat memanfaatkannya untuk mengangkut atau memindahkan alat material dari satu tempat ke tempat lainnya dengan lebih mudah.

Tidak dapat dibayangkan jika Anda tidak menyewa tower crane saat mendapatkan proyek untuk membangun gedung yang tinggi. Lalu berapa kapasitas material yang dapat diangkut oleh tower crane? Alat berat ini diperkirakan dapat mengangkat material dengan berat sekitar 20 ton. Dengan kapasitas tersebut, pengerjaan proyek pun dapat dilakukan lebih cepat.

 

  1. Truk crane

Truck crane atau truk crane, atau disebut juga mobile crane termasuk jenis crane yang relatif fleksibel. Hal ini karena truk crane langsung tersambung atau bergabung menjadi satu dengan truk sehingga memiliki mobilitas baik. Hal ini membuat truk crane yang mudah berpindah-pindah untuk mengangkut barang atau material dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Berbeda dengan jenis tower crane yang letaknya hanya bisa diposisikan pada satu titik, truk crane dapat langsung dibawa menuju lokasi proyek. Ini artinya, Anda dapat langsung membawa truk crane tanpa perlu bantuan kendaraan lain. Truk crane ini dapat dioperasikan dengan diputar hingga 360 derajat. Biasanya, alat ini memiliki kaki yang harus dipasang saat akan dioperasikan. Dengan begitu, saat digunakan bisa tetap seimbang.

Karena truk crane langsung tersambung dengan truk, maka truk ini harus memiliki roda yang kuat untuk bisa beroperasi dan mengangkut material dengan kapasitas besar. Pada umumnya truk crane yang dioperasikan di Indonesia memiliki kapasitas beragam, mulai dari 10-50 ton. Karena tuntutan tersebut, tidak heran jika ban roda truk ini relatif mahal.

 

  1. Hydraulic Crane

Hydraulic crane memanfaatkan hukum Pascal dalam pengoperasiannya. Sistem hidrolik yang digunakan merupakan rangkaian komponen yang memanfaatkan zat cair untuk menghasilkan energi mekanik pada mesin. Sistem hidrolik yang digunakan pada hydraulic crane mampu mengangkut dan mengangkat material berat, dapat berputar, dan bisa memindahkan material yang diangkat tersebut ke tempat lain.

Anda dapat menemukan hydraulic crane di berbagai proyek konstruksi, pelabuhan, apartemen, pergudangan, perbengkelan dan industri lainnya. Pada umumnya, struktur dari hydraulic crane ini lebih sederhana dibandingkan tower crane. Namun, tingkat fleksibilitas hydraulic crane tidak terlalu bagus untuk bisa dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain itu, hydraulic crane hanya dapat berputar hingga 180 derajat dan relatif tidak memiliki jangkauan yang jauh.

 

Nah, kalau sekarang Anda ingin sewa crane Surabaya yang dapat dipercaya dan diandalkan, Anda dapat menggunakan jasa dari PT. Asia Putra Cemerlang. Silakan kunjungi website www.asiaputra.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 3 =